Monday, January 11, 2016

Pantangan Utama Saat Menjenguk Bayi Yang Baru Lahir

Dalam kehidupan bersosialisasi, memang sudah menjadi kebiasaan untuk mengunjungi keluarga yang memiliki bayi yang baru lahir. Berkunjung ke tempat rekan atau saudara yang baru melahirkan dapat mempererat silaturahmi yang sudah terjadi. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat mengunjungi bayi yang baru lahir karena bayi belum membangun sistem kekebalan tubuh seperti anak-anak pada umumnya. Menjenguk bayi baru lahir tidak boleh sembarang, ada beberapa pantangan utama yang wajib dipatuhi :

Hindari menggendong bayi. Kedengarannya kurang asyik, sudah datang tapi tidak menggendong bayi yang lucu. Tetapi jangan mencoba menggendong bayi, kecuali jika Anda adalah kerabat atau teman dekat. Adakalanya orangtua tidak nyaman jika bayinya disentuh orang lain yang tidak terlalu dekat dengan keluarga tersebut. Yang paling utama, jangan menciumi bayi karena bisa saja anda dari luar, datang membawa dan menyebarkan kuman.


Hindari berkunjung jika merasa kurang sehat. Jika Anda merasa kurang sehat, jangan memaksa menjenguk bayi yang baru lahir. Sistem kekebalan tubuh bayi lebih lemah sehingga mudah terinfeksi dari orang-orang dan lingkungan sekitarnya.

Hindari merokok. Bayi yang baru lahir jangan menghirup asap rokok karena dapat merusak kesehatan dan menyebabkan alergi. Anda sebaiknya tidak merokok sebelum anda datang menjenguk bayi yang baru lahir.

Hindari menggunakan terlalu banyak parfum. Bayi yang baru lahir memang belum memiliki indera penciuman yang kuat, tetapi sebaiknya hindari memakai terlalu banyak parfum karena dapat menimbulkan alergi. Oleh karenanya beberapa dokter menyarankan agar tidak menggunakan parfum pada saat berada di sekitar bayi.
Share: