Tuesday, March 29, 2016

Tips Bagi Orangtua Agar Anak Anteng Dan Tidak Rewel Di Tempat Umum

Orangtua sebaiknya membiasakan anak agar mudah beradaptasi di tempat umum atau publik, Anak sebaiknya dibiasakan untuk bepergian ke tempat baru dan mengenal lingkungan baru agar anak dapat gampang beradaptasi dengan perubahan. 
Anak yang jarang dibawa ke tempat baru biasanya akan merasa tidak nyaman sehingga menangis dan rewel. Tentu saja orangtuanya akan kerepotan menghadapi tangisan dan kerewelan anak. Bila anda mengalami hal ini, sebagai orangtua ikuti tips berikut agar anak anteng dan tidak rewel di tempat umum :


1. Ajak berjalan-jalan di lingkungan baru
Anak-anak sebaiknya diajak berjalan-jalan bila tiba di tempat baru dan lingkungan baru. Bila si kecil sudah menunjukkan tanda-tanda rewel dan gelisah, ajak dia berjalan-jalan. Misal bila masuk ke restoran, ajak anak mencuci tangan, lalu tunjukkan isi ruangan lengkap dengan kursi, meja dan dekorasinya. Beritahu tujuan datang ke restoran tersebut untuk makan bersama-sama dengan anda. Bagi anak-anak, tempat baru dengan suasana asing dan orang-orang berbeda menciptakan situasi berbeda dari yang biasa mereka alami.



2. Bawa tas perlengkapan anak atau bayi
Anda sebaiknya membawa berbagai perlengkapan anak atau bayi di dalam tas yang biasa dipakai untuk itu. Tas tersebut biasanya berisi popok, susu, baju ganti, krayon, mainan, dan semua hal yang bisa memenuhi kebutuhan anak. Misal di restoran, bila anak merasa gelisah menunggu makanan datang, dia dapat bermain dengan mainannya atau menggambar dengan krayonnya.

3. Aktif berkreasi
Jika anak berada di lingkungan baru, biasanya anak akan penasaran dengan lingkungan sekelilingnya. Misalnya di restoran, jangan mengurung rasa penasaran anak dengan membiarkan duduk di kursi sampai bosan. Ajak berkeliling terlebih dahulu. Setelah duduk anda dapat menyodorkan mainan yang biasanya familiar bagi anak atau anda dapat melakukan hal kreatif lainnya. Misal anda dapat bermain dengan mengenalkan hal-hal baru bagi anak atau anda dapat membuat kerajinan tangan dari serbet.

Bila Anda bisa membuat anak merasa nyaman dan tidak bosan, maka anak akan teralihkan dari perasaan asing dan menikmati dimana pun dia berada. Anda dapat menciptakan kondisi ini dengan tetap bersabar dan tetap kreatif memberikan perhatikan pada anak
Share: