Tuesday, March 29, 2016

Tips Meredakan Demam Pada Anak Di Rumah

Jika anak sakit, banyak orangtua panik dan langsung membawa anak berobat ke dokter. Sakit yang paling umum terjadi pada anak yaitu demam panas. Sebaiknya anda sebagai orangtua tetap tenang dan terlebih dahulu berusaha menurunkan panas yang terjadi akibat demam di rumah. Apabila anak demam lebih dari 3 hari, lebih baik Anda segara membawanya ke rumah sakit agar dapat ditangani lebih lanjut oleh dokter, Demam merupakan gejala normal akibat tubuh bereaksi melawan kuman penyakit yang mengakibatkan infeksi dalam tubuh. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meredakan demam pada anak di rumah:

1. Periksa apakah anak demam/tidak.
Anda sebagai orangtua perlu memastikan apakah anak demam atau tidak dengan mengukur suhu tubuh anak. Jika anda menyentuh badan anak terasa hangat belum tentu demam, tapi bisa saja karena energi yang terbakar karena anak habis berlari-larian. Cek suhu tubuh anak dengan menggunakan termometer. Bila anda menjumpai suhu tubuh anak melebihi 37,5-38,5 celsius maka anak mengalami demam.

2. Atur agar anak beristirahat.
Bagi anak-anak yang hiperaktif, kadang kondisi demam tetap tidak disadarinya. Peran anda tentu saja mengatur agar anak segera beristirahat dan jangan bergerak terus. Bawa anak ke tempat tidur dan awasi agar anak anda dapat istirahat yang cukup.


3. Kompres bagian tubuh anak.
Kompres bagian tubuh tertentu anak dengan air hangat agar panas yang muncul cepat terserap dan suhu tubuh kembali normal. Kompres sebaiknya dilakukan setiap 15 menit, sampai suhu tubuh menurun. Kompres dapat dilakukan di bagian dahi, lipatan ketiak, lipatan selangkangan dan punggung. Jangan menggunakan kompres dengan air dingin, karena pembuluh darah akan mengecil sehingga uap panas akan susah keluar dari tubuh.

4. Beri obat penurun panas.
Anak dapat diberikan obat penurun panas agar panas tubuh anak lebih cepat turun sehingga anak merasa lebih nyaman.


5. Alternatif obat tradisional herbal.
Anda dapat menggunakan alternatif obat-obatan tradisional herbal yang berasal dari jaman dulu seperti membalurkan bawang merah campur minyak tawon pada tubuh anak. Kegunaannya tentu saja membuat anak menjadi lebih nyaman. Aroma terapi seperti minyak ekaliptus dan bunga lavender dapat berfungsi melegakan pernapasan.
Share: