Sunday, May 15, 2016

Metode Terbaik Membuat Membaca Menjadi Menyenangkan

Belajar membaca bisa menjadi petualangan yang menyenangkan bagi kebanyakan anak-anak. Tampaknya semua orang dari guru, orangtua sampai kakek nenek senang jika anak belajar membaca. Semua tekanan dan harapan dari orang dewasa kadang-kadang bisa meredam kegembiraan anak. Kehilangan kegembiraan dapat menyebabkan seorang anak kehilangan keinginan untuk membaca. 
Jika anda sebagai orangtua dapat menemukan cara untuk membuat kegiatan membaca menyenangkan dan menyenangkan, anak-anak anda akan bersedia duduk dan membaca buku bersama-sama tanpa merasa hal tersebut beban.
Berikut adalah beberapa ide yang dapat Anda lakukan untuk membuat anak anda menyenangi membaca:

Membaca dengan kode popcorn. Metode ini bisa dilakukan dengan cara berkelompok. Anak dengan cara yang menyenangkan dapat membaca kata-kata yang dia ketahui dan meneruskan kata-kata susah yang menyebabkannya bingung dan frustrasi. Saat membaca buku bersama-sama, masing-masing bergiliran membaca dengan suara keras. Ketika seorang anak mengucapkan kata popcorn setelah membaca, artinya giliran anak lain untuk meneruskan membaca.
Membaca dengan anak yang lebih tua. Pasangkan pembaca Anda dengan anak yang lebih tua dan biarkan mereka membaca buku dengan suara keras bersama-sama. Pada situasi tersebut anak yang lebih tua dapat menjelaskan kata-kata yang sulit dimengerti dengan bahasa anak-anak. Metode ini memberikan anak kesempatan untuk berlatih membaca tanpa pengawasan orang dewasa yang mungkin menyebabkannya gugup.

Sorot kata-kata yang dibaca. Ambil sebuah buku tua dan stabilo. Biarkan anak Anda menstabilo setiap kata yang diketahuinya pada halaman yang dibaca. Setelah semua kata yang anak Anda ketahui telah disorot dengan stabilo maka luangkan waktu untuk melihat kembali kata-kata yang telah berhasil dia baca. Hal ini kan mendorong rasa percaya dirinya.
Membaca dengan senter. Sebelum anak Anda terlalu lelah pada malam hari, sambil bermain luangkan waktu dengan membaca di ruangan gelap. Ambil senter dan baca buku dengan senter. Anak-anak kecil suka membaca dengan cara bermain seperti itu.


Membaca di tempat favoritnya. Anak biasanya memiliki tempat favorit di salah satu sudut ruangan dalam rumah. Temukan tempat tersebut. Bawa buku baca favorit anak anda. Buat posisi yang nyaman dan mulai membaca.
Membaca di pojok. Buat pojok membaca di suatu tempat di rumah Anda. Biarkan anak Anda ambil bagian memilih dekorasinya sekalian juga memilih tempat yang tepat untuk meletakkan dekorasi untuk mendorong membaca. Tambahkan beberapa bantal besar atau kasur, mungkin beberapa poster favorit di dinding atau bahkan foto keluarga. 

Gambar yang bercerita. Mintalah anak Anda membolak-balik buku, lalu tunjuk semua gambar. Tanyakan pada anak apa yang dilihatnya pada gambar. Baca ceritanya, lalu lihat seberapa dekat anak menjelaskan gambar dengan cerita.

Kata-kata yang digambarkan. Pilih kata-kata yang anak Anda anggap sulit setiap kali dibaca. Jika anak membaca kata tersebut, Anda berdua pun berdiri. Hal ini akan membantunya mengingat kata-kata karena suatu tindakan dilakukan terkait dengan kata tersebut. Hal ini bekerja dengan sangat baik bagi pembaca kinestetik. Anak kinestik maksudnya seorang anak yang selalu ingin bergerak setiap waktu, suka menyentuh dan merasakan segala sesuatu.
Bintang dalam cerita. Apakah Anda pernah melihat sebuah buku cerita pribadi di mana nama anak Anda dicetak dalam cerita? Hal ini metode unik untuk mendorong pembaca Anda bersemangat terhadap suatu buku. Dalam buku jenis ini, nama anak dan nama teman-temannya terdapat dalam jalur cerita, membuat anak Anda menjadi bintang dalam bukunya sendiri. Dia akan bersemangat membaca buku untuk mencari tahu petualangan yang akan ditemui olehnya.
Kadang-kadang semua yang diperlukan untuk membuat membaca menyenangkan yaitu dengan mengembangkan imajinasi dan berganti pemandangan.
Share: