Sunday, April 3, 2016

ASI, Manfaat Penting Bagi Ibu Dan Anak

Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan utama bagi bayi yang baru lahir. Bayi yang belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna hanya dapat memperoleh ASI untuk memenuhi kebutuhan perkembangannya sehari-hari. Bila bayi baru lahir diberikan susu formula dapat menyebabkan bayi sakit perut dan terkena masalah gas karena protein dari susu formula belum dapat dicerna secara sempurna oleh organ tubuh bayi. dapat memberi manfaat luar biasa bagi bayi.
ASI juga mengandung anti-bodi yang membantu melindungi bayi dari gejala penyakit seperti perut kembung (gastroenteritis), pilek, infeksi dada dan telinga.
Bayi yang mengkonsumsi ASI akan mampu melawan infeksi karena bakteri jahat, akan tetapi mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan bayi.



Sehingga ASI dapat membantu bayi untuk pulih dari penyakit lebih cepat.
Dengan pemberian ASI, bayi akan mendapat semua nutrisi untuk tumbuh kembang dengan baik.
Sebagai tambahan, ASI juga mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang penting untuk pertumbuhan otak bayi.
Tidak hanya bermanfaat bagi bayi, ASI juga bermanfaat bagi si ibu. bagaimana dengan manfaat ASI bagi sang ibu pemberinya?



ASI dapat membantu ibu yang baru melahirkan menurunkan berat badan dan mempertahankan berat tersebut, sebagaimana dikutip dari Babycentre.co.uk.
ASI juga dapat mengurangi risiko terpapar diabetes tipe 2, kanker payudara, dan kanker ovarium.
Dalam jangka pendek, menyusui dapat mencegah ovulasi sehingga Anda bebas dari menstruasi untuk sementara waktu.
Selain itu manfaat praktis ASI membuat hidup ibu lebih mudah. Anda tidak perlu mencuci, mensterilkan botol susu. Anda juga tidak perlu mempersiapkan susu formula. Anda hanya perlu mempersiapkan diri untuk memenuhi asupan makanan bagi bayi.
ASI juga gratis, tidak seperti susu formula yang harganya terus meningkat mengikuti perkembangan inflasi.
Dibandingkan rasa satu kalengan susu formula yang hanya satu rasa saja, rasa ASI dapat berubah sesuai dengan apa yang Anda makan sehingga mengurangi rewel bayi.
Dengan begitu banyak manfaat yang diberikan ASI baik untuk ibu dan anak, manfaat yang paling utama dengan menyusui anaknya sendiri, si ibu dapat membangun ikatan batin yang kuat antara ibu dengan anak.
Share: