Saturday, November 11, 2017

Bagaimana Sakit Tulang Pelvis Atau Hip Dysplasia Terjadi Pada Bayi?

Kaki bayi memang bengkok sejak lahir. Kaki bengkok terbentuk ketika dalam rahim posisi kaki bayi kedua-duanya bengkok dan kaki berdempetan menimpa satu sama lain.

Bayi lahir dengan kaki bengkok memang merupakan hal normal. Bila dia makin membesar, kaki itu akan melurus sendiri dan apabila mulai pandai berjalan, kaki akan sempurna dengan sendirinya. Kakinya tidak akan bengkok. Jadi, orang tua sebaiknya jangan khawatir jika anak berumur 1-2 tahun masih berjalan atau merangkak dengan kaki bengkok. Orangtua perlu waspada apabila anak berumur 3 tahun ke atas, tetapi kakinya masih bengkok. Kemungkinan anak bisa terkena hip dysplasia atau sakit tulang pelvis. 
Jenis-jenis Hip Dyplasia, pic helpmegrowutah.blogspot.com

Berikut penyebab hip dysplasia atau sakit tulang pelvis terjadi : : 
Tulang pangkal paha berbentuk bulat, dan terdapat soket tempat untuk meletaknya. Tulang pangkal paha yang normal masuk tepat ke dalam soket tersebut. Kelainan susunan tulang tersebut terjadi apabila orangtua memperlakukan posisi kaki bayi misalnya ketika membedung, menggendong atau meletakkan bayi dalam bangku mobil: 
  • diluruskan, 
  • dirapatkan kedua-dua lututnya, 
  • diikat rata sampai lutut, khusus bayi yang dibedung. 
Apabila kita meluruskan kaki bayi, tulang pangkal paha akan keluar dan bergeser dari soketnya. Inilah dinamakan hip dysplasia.
Silakan baca artikel 'Bagaimana Cara Orangtua Membedung Bayi Yang Benar? '
Share: