Tuesday, March 29, 2016

Makanan Dan Minuman Yang Perlu Dihindari Ibu Menyusui

Orangtua khususnya ibu yang langsung bersentuhan dengan asupan makanan bagi bayi, perlu memperhatikan setiap proses perkembangan bayi.
Pada saat menyusui, ibu sebaiknya memperhatikan makanan atau minuman apa saja yang dapat dikonsumsinya, karena beberapa makanan memiliki efek tertentu pada bayi. Berikut beberapa makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari pada saat menyusui :



1. Minuman Kopi
Bagi ibu yang biasa minum kopi dapat menyebabkan kafein yang ada di dalam kopi masuk pada saat menyusui ke dalam tubuh bayi. Bayi yang baru lahir belum memiliki organ lengkap untuk menghilangkan kafein dari tubuhnya. Akibatnya sama saja dengan orang dewasa, kafein dapat membuat bayi sulit tidur.

2. Masakan dengan bawang putih
Jika Anda sering masakan dengan bawang putih atau makanan yang mengandung bawang putih, rasa bawang akan masuk ke dalam ASI. Bayi biasanya tidak suka dengan rasa bawang putih, anda sebaiknya kuatir jika bayi tidak mau menyusui karena hal ini.



3. Kandungan polusi merkuri yang tinggi dalam ikan
Ikan memang kaya akan asam lemak dan protein. Tetapi perlu anda perhatikan kondisi lautan pada saat ini yang berpolusi, anda tidak yakin memperoleh asupan ikan yang benar-benar bersih dari polusi seperti merkuri. Anda sebaiknya menghindari asupan ikan yang berlebihan karena dikuatirkan mengandung merkuri. Misalnya ikan yang tinggi merkuri yaitu ikan makarel, ikan air tawar, ikan tuna dan ikan todak.

4. Makan masakan pedas
Bahan-bahan pedas seperti rempah-rempah pedas dalam masakan yang dimakan oleh ibu dapat masuk ke dalam ASI. Pada saat menyusui bahan pedas tersebut dapat masuk ke dalam tubuh bayi. Dengan sistem ketahanan tubuh bayi yang belum berkembang, bahan pedas dapat mengganggu pencernaan bayi sebagaimana yang dapat terjadi pada anak dan orang dewasa pada umumnya. Gangguan pencernaan yang terjadi seperti iritasi lambung, sakit perut, dan lebih parah dapat menyebabkan bayi muntah.

5. Produk turunan susu
Kebanyakan bayi yang di bawah 2 tahun belum memiliki perkembangan organ lengkap yang dapat mencerna protein dari susu sapi. Susu formula atau buatan biasanya mengandung protein. Sehingga jika ibu makan dari bahan yang terbuat dari protein susu sapi seperti yogurt, keju, dan produk susu lainnya, dapat membuat bayi mengalami isu gas sehingga sakit perut.


Share: