Saturday, April 2, 2016

Mengajarkan Menyikat Gigi Pada Anak Dari Usia Dini

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang berfungsi memotong, menggigit dan mengunyah makanan yang dibutuhkan dalam tubuh. Gigi pada orang dewasa tidak dapat tumbuh dan diperbaiki lagi bila rusak. Sebaiknya orangtua sudah mulai mengajarkan anak dari dini untuk memelihara salah satu organ tubuh tersebut karena fungsinya yang vital. Anak sewajarnya dibiasakan menggosok gigi sebelum tidur dan pada saat bangun pagi, sebaiknya juga setelah makan makanan yang berat atau manis.

Orangtua sebaiknya mengajarkan anak dari usia dini, anak-anak yang berumur dua tahun sudah pantas diajarkan menyikat gigi yang baik. Anak-anak mencontoh orang dewasa dalam pembelajaran kehidupan sehari-hari termasuk menggosok gigi. Anda juga dapat mengajak si kecil untuk menyikat gigi pada saat anda sedang menyikat gigi. Ajari anak untuk tidak menelan pasta gigi pada saat menyikat gigi.
Dampingi anak anda pada saat menyikat gigi, agar anak menyikat gigi secara benar. Beritahu agar anak menyikat dengan jangkauan sampai ke belakang gigi dan di celah-celah gigi sampai bersih.


Anda juga perlu menyediakan perangkat sikat dan pasta gigi yang khusus disediakan bagi anak. Beli sikat gigi khusus yang lebih kecil dari ukuran dewasa karena gigi anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Sikat gigi buat anak biasanya memiliki bulu yang lebih halus dan gagang yang disediakan untuk genggaman tangan anak-anak.

Pemakaian pasta gigi diberikan setelah berusia dua tahun. Untuk usia nol hingga dua tahun, menyikat gigi tidak usah menggunakan pasta gigi. Beli pasta gigi yang khusus anak-anak pada saat anak berumur dua sampai tujuh tahun, karena biasanya aman pada saat tertelan oleh anak. Pasta gigi dioleskan sedikit saja pada sikat. Baca petunjuk di pasta gigi untuk melihat kandungan florida yang rendah sehingga bila tanpa sengaja tetap aman bagi anak. Bila anak sudah berumur di atas 7 tahun baru anda bisa menyediakan pasta gigi yang sama dengan orang dewasa.
Jika anak susah menerima pembelajaran, anda sebaiknya memberikan pengertian dengan bicara sesuai pemahaman anak-anak mengenai bahaya yang dapat timbul bila anak tidak menyikat gigi. Supaya anak mudah mengerti anda juga dapat menunjukkan gambar gigi yang rusak akibat tidak menyikat gigi atau malas menyikat gigi.


Share: