Saturday, April 2, 2016

Pentingnya Anak Mengenali Emosi Sedih Dan Marah

Ketika bayi anda semakin besar, anda dapat mendorong anak untuk mengenali perasaannya dan menunjukkan lewat kata-kata. Anak-anak di usia sangat muda gampang sekali menyerap kata-kata seperti senang atau marah. Perlu anda ketahui, jika seorang anak telah mengetahui suatu kata dan menyebutkan kata tersebut untuk menggambarkan perasaannya, berarti dia telah mampu mengetahui dan mengetahui perasaan yang muncul tersebut.
Sangat penting agar anda tidak terlalu bereaksi berlebihan atas perasaan negatif anak yang timbul sewaktu-waktu. Anak kadang-kadang menjadi oversensitif atau manja atau gelisah karena lingkungan sekitarnya, tapi bukan berarti anak tidak bahagia.



Anda sebagai orangtua perlu tahu hal tersebut penting untuk pertumbuhan anak anda. Ketika anak anda duduk di sudut pada saat pesta ulang tahun, reaksi natural anda mungkin mendorongnya untuk ikutan berpesta. Tetapi penting untuk membiarkan anak dengan perasaannya tersebut. Anak jadi bisa mengekspresikan perasaannya.
Beberapa orangtua suka merasa kuatir jika anak tidak bisa masuk ke pergaulan yang lebih, misal jika anak tidak diundang ke pesta ulang tahun temannya yang populer, jika anak ditolak pada saat berteman, atau jika anak menangis tidak memperoleh apa yang diinginkannya.

Anak-anak perlu belajar ialah hal yang lumrah bila tidak bahagia kadang-kadang karena hal tersebut bagian dari kehidupan. Jika anda mencoba membatasi ketidakbahagiaan, anda mungkin menanamkan pikiran padanya merupakan hal buruk jika bersedih. Biarkan anak Anda mengalami perasaannya, termasuk kesedihan.

Share: