Wednesday, May 11, 2016

Lakukan Cara Hidup Sehat Untuk Mencegah Bayi Lahir Cacat

Bayi memang anugerah dari Tuhan. Walaupun bayi terlahir cacat, anda harus mau menjaga dan membesarkannya dengan kasih sayang. Anda tentu saja tidak menginginkan anak anda terlahir cacat. Untuk itu anda harus berusaha menjalankan cara hidup sehat. 
Kelahiran seorang bayi dengan kondisi cacat memang tidak dapat dicegah. Sejumlah kondisi seperti ini pun dapat terjadi sebelum seorang wanita mengetahui bahwa dia positif hamil. Maka itu, sedini mungkin seorang wanita dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat, jauh-jauh hari sebelum memutuskan untuk menikah. Sesuai dengan situs Health Me Up, calon orangtua yang menginginkan bayi yang lahir dalam kondisi sehat dan normal, disarankan melakukan cara-cara berikut ini :

1. Lakukan pemeriksaan rutin dengan dokter
Sebaiknya ibu yang sedang hamil rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter kandungan. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui bagaimana kondisi bayi yang terdapat di dalam kandungan Anda.

2. Konsumsi Asam folat setiap hari
Asam folat mencegah terjadinya kerusakan pada otak dan sumsum tulang belakang. Selain itu, Asam folat dapat menurunkan risiko kelahiran cacat seperti bimbing sumbing dan cacat jantung. Usahakan mengkonsumsi 400 mcg asam folat setiap hari bagi anda yang merencanakan kehamilan. Sumber asam folat dapat berasal dari sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan sereal.

3. Berhenti merokok
Karena banyaknya efek negatif Merokok selama kehamilan bayi sebaiknya anda berhenti merokok. Efek negatif akibat rokok antara lain kelahiran prematur, dan bibir sumbing, bahkan kematian bayi. Perokok dapat mengakibatkan orang disekitarnya menjadi perokok pasif yang mengalami efek negatif yang sama dengan perokok aktif. Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif pun akan mengalami hal yang hampir serupa.

4. Dapatkan Vaksinasi
Dengan vaksinasi, dapat melindungi ibu dari infeksi penyebab kelahiran cacat. Dengan vaksinasi, bayi yang lahir akan dalam kieadaan sehat. Ibu hamil sebaiknya segera melakukan vaksinasi yang direkomendasikan pada masa kehamilan.


5. Cegahlah infeksi
Infeksi selama kehamilan dapat membahayakan janin. Risiko lain dapat membuat bayi lahir dalam keadaan cacat. Cegahlah infeksi dengan mencuci tangan menggunakan sabun secara teratur dan jagalah kebersihan tubuh secara menyeluruh. Infeksi juga bisa berasal dari makanan yang dikonsumsi seperti daging sapi atau ayam.

6. Berhenti minum alkohol
Ibu hamil sebaiknya berhenti minum alkohol selama masa kehamilan. Alkohol dalam darah akan diteruskan ke bayi melalui tali pusat. Jangan pernah meminum segelas anggur selama masa kehamilan.
Semoga anda dapat mempraktekkan tips-tips kesehatan di atas.
Share: