Saturday, May 14, 2016

Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Tertular Penyakit dari Anggota Keluarga Di Rumah?

Saat di pergantian musim, kadang-kadang anggota keluarga bergantian mengalami sakit. Mikroorganisme yang berbahaya berupa bakteri dan virus dapat menyebar mudah sehingga masyarakat awam mudah terjangkit penyakit. Dengan kondisi ini, jika anda memiliki beberapa anggota keluarga di rumah dapat menularkan ke anggota lainnya. Anak-anak dapat bergantian sakit sehingga anda bakalan kewalahan mengurusnya. Berikut tips-tips untuk membantu mencegah penularan penyakit antara anggota keluarga di rumah :





Mencuci tangan dijadikan kebiasaan
Jika anda baru datang dari luar rumah atau menyentuh sesuatu yang kotor, biasakan mencuci tangan. Dengan mencuci tangan teratur akan membersihkan tangan sehingga mencegah penyebaran kuman melakui sentuhan tangan. Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan menjadikan mencuci tangan sebagai kegiatan rutin sehari-hari. Cuci tangan juga penting dilakukan sebelum makan. Ajari anak anda kebiasaan mencuci tangan.

Berhati-hati saat makan
Anda harus lebih mengawasi anak-anak ketika menghadiri acara makan-makan di luar rumah. Jaga agar anak-anak tidak segera menerima makanan dari orang lain. Lihat kebersihan makanan yang akan dikonsumsi. Virus memang dapat dengan cepat menyebar melalui makanan.

Memberikan imunisasi dan vaksinasi
Imunisasi dan vaksinasi membantu melindungi dan mencegah anak Anda dari berbagai penyakit berbahaya. Pastikan anak-anak Anda mendapatkan imunisasi dan vaksinasi yang lengkap.

Memberi ASI
Apabila anda dihadapkan pada situasi sedang sakit, akan tetapi sedang menyusui anak anda, tetaplah lakukan memberikan ASI bagi anak. ASI dapat mencegah bayi Anda terkena berbagai penyakit, karena ASI mengandung anti-bodi yang tinggi.

Popok dibuang terpisah
Jika Anda memiliki anak-anak yang tidak terlalu berbeda umurnya, usahakan mengganti popok mereka secara terpisah. Popok dapat menyebarkan kuman dengan cepat. Jangan membuang popok sembarangan, tapi atur agar kotoran popok tidak melebar ke mana-mana. Lebih baik bila menggunakan popok sekali pakai. Perhatikan kasur, seprai dan selimut anak atau bayi agar selalu bersih.
Share: