Saturday, May 14, 2016

Tips Mendidik Anak Sehingga Menjadi Anak Baik Dan Soleh

Berikut beberapa tips yang bisa orangtua praktekkan sehari-hari untuk mendidik anak sehingga menjadi anak baik dan soleh
1. Jika melihat anakmu menangis, jangan menghabiskan waktu untuk mendiamkan. Coba tunjuk benda di angkasa seperti burung atau awan di atas langit. Ketika anak melihatnya, ia akan terdiam. Karena psikologis manusia pada saat menangis, adalah dengan menunduk.



2. Jika ingin anakmu belum mau berhenti bermain, jangan menyuruh anak agar berhenti segera. Tapi katakan dengan beberapa tahapan kepada anak. Pertama batasi waktu bermain jika mainnya lima menit lagi. Kemudian anak diingatkan kembali dengan waktunya makin berkurang tinggal dua menit. Terakhir baru secara tegas mengatakan waktu bermain bagi anak sudah habis. Anak pun akan berhenti bermain.

3. Nikmati masa orangtua bersama-sama dengan anak, karena waktu akan berlalu sangat cepat. Kepolosan dan kekanak-kanakan tidak akan lama dan berlalu sehingga menjadi kenangan. Bermainlah bersama anak, tertawalah bersama anak, becandalah bersama anak. Jadilah teman bermain bagi anak anda dan didiklah anak dengan cara yang menyenangkan sambil bermain.

4. Tinggalkan HP sesaat kalau bisa, dan matikan juga TV. Jika ada teman yang menelpon, anda sebaiknya mengatakan terus terang sedang menemani anak anda dan tidak bisa diganggu. Anda seharusnya bisa menyeimbangkan waktu bagi anak dan aktivitas lainnya.

5. Jika anda sebagai orangtua berada di hadapan sekumpulan anak-anak yang sedang berkumpul dengan berisik dan gaduh, anda merasa terusik karena kelakuan anak-anak tersebut, jangan marah-marah dan membentak-bentak. Caranya anda bisa mengajak kumpulan anak-anak tersebut untuk mendengarkan cerita. Ajak mereka interaktif dengan mengajak mereka mengangkat tangan bagi yang ingin mendengarkan cerita. Perhatian mereka akan teralihkan jika anda melakukan hal tersebut, maka kumpulan tersebut akan mendengarkan anda.

6. Orang tua hendaklah selalu menyapu air lebihan wuduk yang ada pada kita misalnya air yang masih basah di tangan ke muka dan ubun-ubun anak agar anak merasa segar dengan wudhu. Anak pun akan terbiasa mengambil wudhu sebagai bagian dari mensucikan diri.


7. Jika menjelang tidur anda mengatakan kepada anak anda “Ayo tidur, besok pagi kita sholat subuh”, maka perhatian anak akan selalu ke akhirat. Tetapi jika anda berkata: “Ayo tidur, besok pagi kan sekolah”, maka perhatian anak akan ke dunia.

8. Berdoa dan bermohon kepada Allah secara rutin agar anak-anak anda menjadi anak yang solehah dan menyenangkan, baik di dunia maupun di akhirat.
Share: