Saturday, May 14, 2016

Cara Ibu Menyusui Bayi Dengan Baik Dan Benar

Ibu yang sedang mengandung sebaiknya mempersiapkan banyak hal penting mengenai cara merawat bayi yang baru lahir. Ibu tidak bisa diam saja dan menerima semuanya bisa berlaku alamiah. Agar anda dapat memperoleh kebahagiaan maksimal dengan lahirnya bayi, anda perlu mempersiapkan ilmu seperti cara menyusui yang benar, cara memandikan, atau cara menggendong yang baik.


Contoh kesalahan lain juga sering dilakukan ibu muda yaitu tidak mengetahui posisi yang baik untuk menyusui bayi. Ada juga ibu yang membaringkan bayinya di kasur dan menyusui dari samping. Ibu berada di posisi sisi bayi sehingga bayi harus menengok saat menyusui. Leher bayi akan pegal karena terpaksa menoleh ke satu sisi terus menerus. Bayi akan sering berhenti minum ASI. Hal tersebut penyebabnya berarti salah posisi. Sering terjadi juga pada ibu baru yaitu bayi tidak mau meminum minum ASI karena puting ibu lecet Perhatikan dua hal berikut sebelum memberikan ASI pada bayi :

1. Perhatikan perlekatan.
Perlekatan yaitu posisi mulut bayi saat menyusui. Pada umumnya ibu hamil hanya menempelkan mulut bayi pada puting saja. Sebenarnya hal tersebut keliru karena mulut bayi harusnya sampai pada areola yang merupakan gudang ASI.



2. Posisi bayi saat menyusui. 
Posisi yang benar yaitu perut ibu menghadap perut bayi lalu telinga dan pundak bayi dalam keadaan sejajar. Praktek yang salah, ibu yang menyusui membiarkan kepala bayi menghadap ke samping akibatnya posisi telinga dan bahu bayi tidak sejajar. Hal tersebut dapat menyebabkan bayi tidak mau menyusu karena posisi yang tidak tepat.
Sebaiknya ibu yang baru melahirkan bayi memperhatikan perlekatan dan posisi bayi anda dan mempraktekkan metode menyusui bayi dengan baik dan benar.
Share: