Saturday, May 14, 2016

Nutrisi Yang Dianjurkan Bagi Ibu Yang Mengandung Bayi

Ibu hamil seharusnyalah memerhatikan asupan nutrisi dari makanan. Makanan terutama nutrisi yang dimakan dapat memengaruhi kondisi dan kesehatan janin Anda. Tidak dapat dipungkiri, nutrisi terbaik penting untuk ibu dan bayi yang dikandung. Atur asupan makanan atau program diet dengan menu makanan tertentu sehingga dapat mencegah masalah-masalah yang dapat timbul pada masa kehamilan. Perhatikan juga pantangan makanan apa yang dapat menyebabkan alergi pada masa kehamilan. 


Berikut nutrisi yang sebaiknya dipenuhi bagi ibu hamil :
Asam folat
Asam folat merupakan salah satu mineral yang paling ibu butuhkan ketika hamil. Asam folat juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh saat hamil. Asam folat dapat berasal dari makanan seperti kacang, pisang, bayam, kubis dan sayuran.

Kalsium
Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Kalsium membantu pertumbuhan kuku dan pembentukan tulang untuk anak yang sedang tumbuh dalam rahim ibu. Kalsium dapat berasal dari biji wijen, kacang almond, brokoli, dan susu.
Protein
Sumber protein yang paling gampang dapat Anda jumpai yaitu daging seperti sapi, kambing, dan ayam. Beberapa protein juga terkandung dalam sayuran seperti kedelai, buncis, bayam, serta gandum.

Vitamin B6
Makanan yang mengandung vitamin B6 biasanya merupakan makanan ringan yang sehat bagi ibu dan bayi yang dikangdung. Sumber vitamin B6 yaitu Kenari, almond, tomat, kembang kol, dan pisang.
Vitamin B12
Vitamin B12 membantu dalam pertumbuhan otak janin. Sumber Vitamin B12 yang paling gampang ditemui yaitu rumput laut dan sereal.
Vitamin C
Sumber vitamin C yaitu buah-buahan seperti jeruk, kiwi, paprika merah, dan sayuran. Vitamin C merupakan nutrisi penting selama kehamilan karena membantu untuk melindungi ibu dari infeksi dan mengurangi penyakit berbahaya.

Vitamin D
Vitamin D bisa dikonsumsi dengan tablet, akan tetapi asupan terbaik untuk memperoleh vitamin D bagi tubuh Anda ialah dari sinar matahari. Lakukan jalan-jalan di pagi hari sehingga paparan sinar matahari meresap bagi anda. Vitamin D bermanfaat untuk menyehatkan dan menguatkan tulang.
Vitamin E
Sumber vitamin E yang paling gampang ditemui buah mangga, kacang, dan alpukat.

Share: