Saturday, November 4, 2017

5 Saran Terbaik Membantu Anak Anda Agar Rajin Berolahraga Atau Beraktivitas Fisik

Kecenderungan masyarakat dewasa ini menjalani gaya hidup yang tidak sehat. Orang dewasa dan anak banyak yang mengalami obesitas.  Aktivitas sehari-hari seperti menonton di depan TV dan berjam-jam di depan komputer menyebabkan badan tidak bergerak. Keluarga banyak menyantap makanan siap saji dan makanan ringan olahan. Pesan dengan ojek atau transportasi online, makanan siap diantar ke rumah. Belum lagi iklan makanan yang menggoda untuk dibeli dan dikonsumsi.
Anda bisa saja berpikir, pada saat ini anak anda belum mengalami obesitas. Tapi kegiatan fisik anak sekarang makin dibatasi dengan tersedianya sarana kenyamanan misalnya anak lebih cenderung menghabiskan waktu dengan bermain tablet atau handphone.
Para ahli dari The American Heart Association merekomendasikan agar anak dan remaja melakukan aktivitas fisik dari sedang hingga yang kuat setidaknya 60 menit setiap hari. 

Sisi baiknya olahraga dapat dalam berbagai macam bentuk aktivitas dan menyenangkan. Gunakan kreativitas dalam gaya asuh anda sehingga aktivitas fisik menjadi menyenangkan dan waktu yang anda habiskan dengan anak menjadi lebih berkualitas. Saran berikut mungkin membantu anak anda agar rajin berolahraga atau beraktivitas fisik :
1. Matikan televisi dan hentikan main game
Tentu saja orangtua perlu membatasi waktu anak untuk menonton TV dan bermain game. Tapi pastikan Anda melakukannya dengan cara yang positif. Jika anak marah ketika Anda mematikan acara favoritnya dan mengajaknya bermain di luar, anak menjadi tidak terlalu bersemangat pergi bermain dengan Anda.
2. Memberikan contoh
Anda perlu memberikan contoh yang baik. Anak yang lebih muda biasanya secara alami mengikuti orangtuanya. Buat aktivitas fisik menjadi prioritas dalam keluarga Anda. Pastikan Anda menjaga kesehatan diri dan keluarga
3. Melakukan aktivitas fisik atau kegiatan aktif bersama-sama
Dalam kehidupan sehari-hari yang memiliki jadwal kegiatan padat, pastikan anda dapat menghabiskan waktu yang berkualitas dengan anak-anak anda. Cara yang lebih baik yaitu dengan melakukan aktivitas fisik atau kegiatan aktif bersama-sama. Sebaiknya jangan biarkan anak sendirian berkeliaran bermain di lingkungan, jika memungkinkan orangtua menyediakan waktu bermain dengan anak.


4. Buat kegiatan menyenangkan
Buat kegiatan yang melibatkan fisik menyenangkan seperti menari dengan menyetel musik, bermain petak umpat dan berlari-lari kecil, naik sepeda dan sebagainya. Sediakan anak dengan mainan dan peralatan yang mendorong anak bergerak aktif sambil bersenang-senang. Untuk anak lebih besar mainan seperti sepeda dan bola dapat menjadikan anak bergerak lebih aktif. Untuk anak balita, mainan seperti mobil-mobilan dengan pedal, sepeda roda tiga, dan bentuk lainnya menjadi alternatif bagus.


5. Rajin menyemangati anak
Dukung anak dengan memberikan semangat dan dorongan positif. Bantu anak  menemukan olahraga dan kegiatan yang dapat membangun harga diri atau kepercayaan diri anak. Usahakan menghadiri kegiatan olahraga anak. Biarkan anak tahu Anda, orangtuanya adalah penggemar atau fans terbesarnya biarpun anak sedang dalam keadaan menang atau kalah.

Menambahkan lebih aktivitas fisik ke kegiatan rutin keluarga akan membantu keluarga merasa lebih baik dan lebih menyenangkan menghabiskan waktu bersama-sama. Membiasakan gaya hidup sehat dari kecil akan membantu menanamkan kebiasaan berolahraga dan aktivitas fisik yang menjadi gaya hidup sehat seumur hidup pada anak.
Share: