Monday, November 6, 2017

Kenapa Makan Bersama Keluarga Penting Dilakukan?

Kehidupan modern dengan jadwal padat menyebabkan anggota keluarga susah mencari waktu untuk kumpul bersama-sama di meja makan.
Jika anda merencanakan dan mengatur dengan baik, waktu kumpul makan dengan semua anggota keluarga bisa jadi waktu yang menyenangkan dan berharga.


Atur agar jangan kurang dari satu malam dalam satu minggu, kumpul makan bersama-sama keluarga dilakukan. Pilihan terbaik untuk kumpul makan bersama biasanya di minggu malam atau malam senin. Malam senin pilihan terbaik karena kerjaan di akhir minggu telah selesai dan saatnya bersantai.
Libatkan anak anda untuk merencanakan dan menyiapkan makanan. Manfaatnya anak akan merasakan keberadaannya dibutuhkan serta memberikan dasar untuk hidup sehat dengan merencanakan dan menyiapkan makanan sehat.
Pastikan tv dimatikan, tablet dimatikan, suara handphone dikecilkan, dan semua perangkat elektronika yang biasa menjadi pengalih perhatian disingkirkan.


Makan dengan menikmati dan ajari anak anda untuk melakukan hal yang sama. 

Makan dengan perlahan merupakan kebiasaan yang sehat. 

Luangkan waktu untuk bertanya tentang keadaan yang lain. Masa ini sangat berharga untuk mengetahui perkembangan anak anda. 

Luangkan waktu berbincang-bincang, walaupun anda telah selesai makan. Jika anda menganggap waktu berkumpul keluarga susah, anda perlu menjadikan kebiasaan duduk dan berbincang-bincang pada waktu makan, daripada mengurusi piring kotor.
Adapun makan dan berbincang-bincang pada waktu makan memiliki manfaat sebagai berikut :


  • Menumbuhkan rasa kebersamaan keluarga.
  • Mencegah masalah perilaku pada anak di rumah maupun sekolah.
  • Mendorong kesuksesan pendidikan.
  • Memperbaiki nutrisi.
  • Mendorong anak memiliki berat badan yang sehat.
Anggota keluarga akan merasa dihargai karena anda menunjukkan minat, peduli dan momen ini menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari keluarga.

Share: