Monday, November 6, 2017

Panduan Memilih Makanan Bayi Sampai Periode Umur Dua Tahun


Semua anak adalah individu yang unik. Makanan yang menjadi kesukaan seorang anak pun berbeda-beda. Bicarakan pada dokter untuk melihat kebutuhan anak anda dan apakah anak membutuhkan makanan khusus. 
Berikut daftar umum pemberian makanan bagi anak bayi dan balita sesuai usianya :
  • Periode sebelum umur 6 bulan : bayi memperoleh nutrisi dari asi pada periode enam bulan awal. Susu formula khusus bayi bisa menjadi alternatif jika ibu memutuskan mengurangi dan menghentikan asi. Anda seharusnya jangan memberikan susu sapi sampai lewat dari satu tahun.
  • Periode 4 sampai 6 bulan : pada masa ini kebanyakan bayi siap untuk makan makanan padat. Bayi dapat memperoleh asupan makanan dari asi atau susu formula. Anda dapat memberikan sereal atau nasi bayi yang mengandung besi atau daging yang disaring untuk menambah kebutuhan zat besi.
  • Periode 6 sampai 8 bulan : periode ini waktu yang baik untuk memberikan buah dan sayuran yang disaring atau ditumbuk halus. Perkenalkan dengan perlahan dan bertahap satu makanan pada satu waktu. Anda perlu mengamati respon bayi, apakah ada tanda-tanda penolakan seperti muntah, diare atau gatal yang tidak biasa.



  • Periode 7 sampai 10 bulan : bayi biasanya mulai makan sendiri dengan mencelupkan jari-jari tangan, seperti biskuit lunak dan sereal kering. Bayi biasanya sudah bisa memegang mangkuk air.
  • Periode 1 sampai 2 tahun : bayi terus mengembangkan kemampuan makan. Bayi makan sendiri dan menikmati makan yang sama dengan anggota keluarga lain. Usahakan untuk mengolah makanan menjadi kecil-kecil karena bayi bisa tersedak akibat ukuran makanan yang besar.
Sumber : cfss.com

Share: