Tuesday, November 7, 2017

Tips Bagi Orangtua Mencegah Penggunaan Alkohol, Rokok dan Narkoba Pada Remaja

Jika anda memperhatikan lingkungan sekitar anda, anda dapat melihat terdapat saudara, teman atau tetangga yang berjuang dengan penyalahgunaan alkohol, narkoba dan rokok. Zat tersebut menyebabkan kecanduan karena telah mempengaruhi kehidupannya, pekerjaan, teman dan keluarga mereka. Ketergantungan pada alkohol, rokok dan narkoba adalah masalah kesehatan masyarakat yang paling serius. Hal ini bisa terjadi di kalangan kaya dan miskin, semua kelompok suku, dan usia di semua wilayah di negara ini. Masalahnya adalah kecanduan cenderung memburuk seiring berjalannya waktu, kecanduan bukan hanya menyakiti penggunanya tetapi berdampak ke semua anggota keluarga. Kecanduan alkohol, narkoba dan rokok terutama merusak anak-anak dan remaja.

Kecanduan alkohol, narkoba dan rokok dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Minum di usia muda dan belum berpengalaman mungkin meninggal karena keracunan alkohol. Efek lain, minum di usia muda bisa mengakibatkan kerusakan pada jantung, hati dan otak. Remaja yang minum lebih cenderung mengalami kecelakaan mobil, bunuh diri dan melakukan penyerangan seksual.

Dampak penggunaan narkoba atau obat-obat terlarang juga merusak kesehatan bagi anak dan remaja. Remaja juga terpengaruh dengan bahaya merokok yaitu dapat meningkatkan resiko kanker paru-paru dan kerusakan jantung. Selain itu kesehatan kulit di sekitar mata dan mulut akan cenderung mengalami penuaan dini. Dampak penggunaan rokok bagi remaja yaitu mengganggu performa di sekolah, perkembangan paru-paru terganggu, lebih sulit sembuh saat sakit, kecanduan, dan terlihat lebih tua dari usianya.
Sekolah menengah merupakan saat yang menyenangkan dan menantang bagi anak Anda. Anak anda melihat anak-anak yang lebih tua dengan menggunakan alkohol, rokok dan narkoba serta mungkin berpikir hal tersebut cool atau keren. Lingkungan dapat menyebabkan remaja anda terdorong untuk mencoba alkohol, rokok dan narkoba. 

Sebagai orangtua, anda wajar khawatir pengaruh zat tersebut bagi remaja anda, berikut beberapa tindakan yang dapat anda lakukan :
  • Pastikan Anda bisa membicarakan alasan untuk menghindari alkohol, rokok dan narkoba dengan anak anda.
  • Kenali teman anak Anda.
  • Kalau bisa jadilah relawan untuk kegiatan di sekolah anak anda.
  • Dorong anak Anda untuk terlibat dalam kegiatan ekstrakulikuler sepulang sekolah seperti mengikuti les bahasa, seni, musik, olahraga, klub akademis dan sosial.
  • Kenali orangtua teman anak Anda. Tukar nomor telepon dan alamat. Jika ada grup whatsapp orangtua, anda bisa minta bergabung. Buat komitmen antar orangtua untuk lingkungan bebas narkoba dan alkohol. Jika memungkinkan berkomitmen untuk saling memberi tahu jika salah satu dari remaja terlibat dalam penggunaan narkoba dan alkohol.
  • Hubungi orangtua yang rumahnya digunakan untuk pesta dan pastikan alkohol dan narkoba tidak ada.
  • Tetapkan jam malam yang wajar dan pastikan remaja mematuhi. Jemput anak, jika melanggar.
  • Dorong pembicaraan terbuka dengan anak Anda mengenai pengalaman menggunakan narkoba, rokok dan alkohol.

Share: