Tuesday, November 7, 2017

Tips Bagi Orangtua Mencegah Penggunaan Alkohol, Rokok dan Narkoba Pada Anak Usia Dini

Jika anda memperhatikan lingkungan sekitar anda, anda dapat melihat terdapat saudara, teman atau tetangga yang berjuang dengan penyalahgunaan alkohol, narkoba dan rokok. Zat tersebut menyebabkan kecanduan karena telah mempengaruhi kehidupannya, pekerjaan, teman dan keluarga mereka. Ketergantungan pada alkohol, rokok dan narkoba adalah masalah kesehatan masyarakat yang paling serius. Hal ini bisa terjadi di kalangan kaya dan miskin, semua kelompok suku, dan usia di semua wilayah di negara ini. Masalahnya adalah kecanduan cenderung memburuk seiring berjalannya waktu, kecanduan bukan hanya menyakiti penggunanya tetapi berdampak ke semua anggota keluarga. Kecanduan alkohol, narkoba dan rokok terutama merusak anak-anak dan remaja.



Anak sering memberikan pertanyaan didasari keingintahuan alamiahnya. Anak mempertanyakan kenapa orang dewasa menggunakan zat terlarang. Anda perlu memberitahu banyak orang dewasa pengguna alkohol, rokok dan narkoba tidak menyadari betapa berbahayanya mengkonsumsi zat-zat tersebut. Biarpun orang dewasa menyadari, mereka tidak peduli dan tidak merawat diri sendiri. Terkadang, orang dewasa mulai menggunakan obat, alkohol dan narkoba hanya untuk mengetahui bagaimana rasanya, tapi bisa berubah menjadi kecanduan. Pada akhirnya, sangat sulit untuk berhenti menggunakannya. Dampak lain mengkonsumsi sejumlah kecil alkohol, narkoba dan rokok memiliki efek negatif yang jauh lebih besar pada tubuh anak daripada pada orang dewasa. Bahkan sejumlah kecil zat-zat tersebut bisa membuat anak sakit. 

Anda sebagai orangtua dapat mencegah penggunaan alkohol, rokok dan narkoba pada anak anda dari usia dini dengan tindakan berikut ini :
  • Bicara lebih awal dan sering tentang narkoba, rokok dan alkohol.
  • Diskusikan konsekuensi penggunaan narkoba, rokok dan alkohol.
  • Tunjukkan anda peduli dengan pendapat anak anda mengenai narkoba.
  • Berikan contoh positif dan terlibat dalam kehidupan anak anda.
  • Terlibat dalam kegiatan anak, kenali temannya, tahu tujuan mereka dan apa yang sedang dilakukan.
  • Jika anak masih balita, tanamkan pada anak kebutuhan untuk makan makanan sehat.
  • Tunjukkan zat beracun dan berbahaya yang dapat ditemukan di rumah Anda, seperti zat pemutih dan penyemir, dan baca label peringatan bahaya pada anak. Ajari tentang konsumsi zat berbahaya dilarang.
  • Jelaskan bahwa obat resep adalah obat yang bisa membantu orang, tapi bisa membahayakan anak jika resep tidak diberikan.
  • Jelaskan kepada anak sekolah dasar, efek langsung dan tidak langsung penggunaan alkohol, rokok dan narkoba, termasuk koma dan kematian. Konsekuensi jangka panjang atas penggunaan narkoba, termasuk kecanduan dan hilangnya pengendalian atas kehidupan seseorang.

Share: